THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Sunday, March 1, 2009

PERCY JACKSON & THE OLYMPIANS : THE LIGHTNING THIEF


Selesai belanja, aku iseng singgah ke toko buku menuju bagian novel. Tidak ada niat mau beli apa-apa. Hanya ‘cuci mata’. Aku bukan orang yang suka membaca novel selain terlalu tebal, di novel juga tidak ada gambar-gambar menarik. Jika ada hal yang merubah pendirianku , pasti itu adalah karya yang luar biasa.

Diantara deretan buku-buku, mataku melihat sebuah novel dengan disain yang cukup menarik tapi terkesan ‘bacaan anak-anak’. Merasa penasaran aku mengintip isinya. Cerita mitologi Yunani. Aku semakin takjub melihat halaman berikutnya tertera karya ini mendapatkan begitu banyak penghargaan. Tanpa pikir panjang aku langsung mengambilnya dan membayar dikasir.

Seakan menemukan ‘belahan jiwa’. Novel ini mengikatku sangat erat. Tidak mau lepas dari pikiranku. Imajinasiku melayang. Menari-nari dalam bayangan. Ceritanya begitu mengalir dengan kecepatan sempurna dan momen yang saling berkejaran.

The Lightning Thief – Pencuri Petir telah mencuri hatiku. Karya hebat ini ditulis oleh Rick Riordan, pria kelahiran San Antonio 5 Juni 1964, seorang Guru Sejarah dan Guru Bahasa Inggris yang telah mengajar selama 15 tahun di San Antonio dan California.

Aku membayangkan Rick Riordan menerangkan sejarah di kelasnya. Hmm, pasti sangat menarik. Dijamin deh, siswa di kelasnya tidak akan mati kebosanan hehe. Bayangkan saja jika para dewa-dewi Olimpia masih hidup di abad ke-21 ini dan mereka bukannya di Yunani , tapi tinggal di Amerika. Berdandan ala American. Beraktivitas seperti manusia biasa, mengendarai Harley Davidson. Yang pasti seru, mitologi itu jadi benar-benar nyata. Lepas dari apakah mitologi Yunani itu sungguh-sungguh ada atau tidak. Bacaan ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja. Karena kamu tidak mati kebosanan membacanya. Hahaha…

The Lightning Thief adalah buku pertama dari 5 serial petualangan Percy Jackson & Dewa-Dewi Olimpia (serial berikutnya : Sea of Monster, The Titan’s Curse, The Battle of The Labyrinth dan terakhir The Last Olimpian rencananya di rilis bulan Mei 2009). Rasanya sudah tidak sabar. Entah kapan deh jadwal penerbitan buku-buku berikutnya oleh Penerbit Hikmah (Mizan Group).

Tokoh utama bernama Percy Jackson, 12 tahun, penderita disleksia. Dikeluarkan berkali-kali dari sekolah asrama hanyalah sedikit dari masalah yang ia hadapi. Ada sesuatu yang lebih besar mengancam hidupnya tapi Percy tidak mengetahui bahaya yang sedang mengincarnya. Hingga kejadian saat dia mengunjungi museum, guru nya berubah menjadi monster dan dia dapat memusnahkan monster tersebut dengan sebuah pulpen pemberian guru sejarahnya yang dapat berubah menjadi pedang.

Percy berpikir itu hanya imaginasinya. Diserang monster di abab ke-21 kedengarannya sangat tidak masuk akal. Menceritakan kejadian itu hanya akan membuat dirinya tampak aneh saja.

Ketika liburan tiba, Percy bersama ibunya mengadakan perjalanan ke pantai. Tempat itu sangat istimewa karena disitulah ibu bertemu dengan ayah. Ibu tidak pernah menceritakan banyak tentang ayah.

“Ayahmu belum mati. Dia hanya menghilang di laut.” begitu penjelasan ibu setiap kali ditanya.

Tentu saja itu bukan jawaban memuaskan bagi Percy, apalagi dia harus menghadapi Si Bau Gabe yang menikah dengan ibunya. Hatinya sangat kesal

Namun liburan mereka berakhir kelabu, monster datang menyerang dan ibunya menghilang dibawa Minotaur (monster berbentuk banteng). Untuk menghindari lebih banyak serangan dari para monster, Percy terpaksa dibawa ke perkemahan musim panas bukit blasteran.yang tidak lain adalah perkemahan tempat anak-anak setengah dewa. Percy ternyata seorang Demigod. Tapi tidak mudah menentukan siapa dewa yang menjadi ayah Percy, ibunya sendiri tidak pernah menceritakan identitas ayahnya. Sekarang ibunya menghilang. Tidak ada petunjuk jelas.

Di perkemahan ini, Percy dilatih seolah-olah dia sedang dipersiapkan untuk misi yang besar. Grover yang menjadi teman sekolahnya ternyata seorang satir (manusia berbadan kambing) yang ditugasi untuk menjaga Percy. Sedang guru sejarahnya Chiron adalah seekor centaurus (manusia berbadan kuda), pelatih pahlawan-pahlawan terkenal seperti Hercules.

Percy terkejut dengan semua fakta yang terpapar dihadapannya. Lebih gawat lagi dia ternyata adalah tersangka utama pencuri senjata Zeus yang hilang. Sebuah petir asali.

Dewa Zeus, salah satu dari 3 Dewa besar selain Poseidon dan Hades sangat murka. Dia menyuruh bawahannya mengejar Percy. Urusan monster sudah membuat dia kewalahan ditambah lagi sekarang dikejar dewa-dewa.

Bagaimana mungkin anak berusia 12 penderita disleksia seperti dirinya bisa mencuri senjata dewa ? Apa kehebatan dia ? Begitu banyak pertanyaan yang muncul namun hanya ada sedikit waktu untuk membuktikan bahwa tuduhan itu salah. Satu-satunya cara dia harus menemukan pencuri sebenarnya sebelum perang pecah diantara para dewa.

Dengan bantuan Satir dan Putri Athena, Percy memulai perjalanan mencari pencuri petir asali.




Ramalan Oracle telah mengingatkan dia akan dikhianati oleh orang yang disangkanya teman baik. Lalu siapakah orang tersebut ? Apakah Percy berhasil mengembalikan petir asali milik Dewa Zeus dan mencegah terjadinya perang ? Siapa sesungguhnya ayah Percy ? Dan siapa pula yang diuntungkan dari hilangnya petir asali ? Silahkan baca kisah selengkapnya. Kamu akan segera mengetahui mengapa novel ini memenangkan begitu banyak penghargaan seperti :

A New York Times Bestseller
A New York Times Notable Book of 2005
Best Book of 2005 Child Magazine
Askews Torchlight Award (UK) Winner, 2006
ALA Notable Book for 2005
Red House Children’s Book Award Winner (UK), 2006
A 2006 Notable Children’s Book National Council for Teachers of English
National Children’s Bestseller Warwickshire Book Award Winner (UK), 2007
Beehive Award Winner 2007 (Children’s Literature Association of Utah)
Maine Student Book Award Winner 2007

Bahkan hak film telah dibeli oleh Twentieth Century Fox dan sedang dalam pengerjaan. Jadi, tunggu apa lagi ?


Foto taken from :

http://kebun-angan.com/







2 comments:

Anonymous said...

zeus itu cm mitologi, kan.,.,.?

ato memang sebuah sejarah.,.?

Jack Hope said...

Zeus itu mitologi yang diterangin Pak Guru pada pelajaran sejarah :)

Anyway, I like your 'Gubuk'

Cheers,
JK